Asuransi, istilah
ini cukup ramah kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan zaman yang
disertai kemajuan di bidang pengajaran membikin beberapa orang sadar akan
pentingnya asuransi bagi kehidupan mereka. Manfaat asuransi rata-rata
menekankan pada keamanan atau perlindungan klien kepada adanya risiko yang
dapat memberi imbas buruk kepada keuangan.
Tak ayal, perusahaan-perusahaan asuransi berinovasi dalam
menjual produk-produk terupdate mereka. Sebagian klien kadang-kadang mengeluh
sebab produk asuransi tak cocok yang mereka harapkan. Kejadian hal yang
demikian tak sepenuhnya kesalahan dari perusahaan asuransi. Dapat jadi klien
sendiri tak paham seputar produk asuransi perusahaan hal yang demikian. Ada dua
produk asuransi yang lazimnya kerap
ditawarkan. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya.
Asuransi Jiwa dan Asuransi Biasa
Di Indonesia terdapat lebih dari 300 perusahaan penyedia asuransi. Penting bagi Anda untuk
mengetahui lebih detil seputar produk asuransi yang ditawarkan. Di bawah ini
akan ditunjukkan mengenai asuransi jiwa dan asuransi awam beserta kelebihan dan
kekurangannya.
1. Asuransi Jiwa
Produk asuransi
yang satu ini berfokus pada perlindungan klien atau nasabah. Seandainya suatu
waktu klien meninggal (diakibatkan adanya kecelakaan atau situasi sulit
kesehatan), pihak keluarga akan mendapatkan sejumlah biaya yang cocok dengan
skema tanggungan pada awal kesepakatan.
Asuransi jiwa dikelompokkan menjadi tiga, merupakan:
a) Asuransi Seumur Hidup (Whole Life)
Asuransi jiwa ini
memberikan perlindungan sampai umur klien mencapai 99 tahun. Keunggulan
asuransi ini berada pada nominal tunai yang terus bertambah sekalipun masa
pembayaran premi sudah berakhir atau habis.
b) Asuransi Berjangka (Term Life)
Satu-satunya asuransi
yang tak memiliki nominal tunai dan memiliki tenggat waktu tahunan.
Kekurangannya, uang premi tak dapat diambil kalau periodenya habis. Selain itu,
asuransi berjangka merupakan satu-satunya yang tak memiliki fitur tabungan
dibandingi tiga macam asuransi jiwa lainnya.
c) Asuransi Dwiguna (Endowment)
Asuransi yang
memberi manfaat dalam format pembayaran tunai dalam bentang waktu yang
ditetapkan menurut perjanjian yang disepakati. Biasa, asuransi pengajaran dan
asuransi dana pensiun.
2. Asuransi Biasa
Cuma, asuransi
awam tak terlalu berbeda dengan asuransi jiwa. Selain saja objek yang
dilindungi lebih luas, tak cuma terbatas pada kematian saja. Selain itu, dari
segi pembayaran asuransi kepada klien, dikenakan dalam format uang dan ada pula
dalam format penggantian kerugian. Pada asuransi awam, Anda tak cuma terbatas
pada proteksi kehidupan, tetapi harta atau objek tak hidup juga dapat
diasuransikan, semisal kendaraan, bangunan, dan lain-lain. Meliputi objeknya,
asuransi awam dibedakan menjadi dua:
a) Asuransi Udara dan Laut
Memberi jaminan pertanggungan kepada risiko kecelakaan yang
terjadi di darat dan di laut.
b) Asuransi Non Udara dan Laut
Keberadaan asuransi
harta benda, asuransi kecelakaan diri, asuransi kesehatan, asuransi kebakaran,
asuransi kendaraan, asuransi konstruksi atau bangunan, asuransi tempat tinggal,
asuransi petaka alam, dan sebagainya.
Asuransi Online
Karena internet dilihat sebagai hal positif oleh perusahaan asuransi. Produk-produk asuransi kini
banyak dijual secara online. Tak ini menguntungkan bagi yang berharap mengambil
asuransi. Situs dengan mudahnya mereka dapat mengetahui atau mendapatkan berita
seputar produk asuransi tanpa perlu tatap muka atau ke perusahaan asuransi. Ada
beberapa hal yang perlu dilihat sebelum memastikan untuk mendaftarkan diri
secara online untuk memiliki asuransi.
1. Pemeriksaan Jaminan Keamanan dan Privasi
Terkait cuma online shop yang berjubel. Seandainya asuransi
juga banyak ditemukan. Anda harus benar-benar tahu seberapa baik perusahaan
asuransi hal yang demikian menjaga keamanan dan privasi nasabahnya. Pasti tak
ada satu pun klien yang berharap identitasnya dapat diakses secara mudah oleh
orang-orang yang tak diketahui. Pilih beberapa asuransi lalu bandingkan satu-persatu bagaimana mereka menjaga
keamanan dan privasi.
2. Tinjau Kebijakan-Kebijakan Kabar dengan Asuransi
Seandainya Anda sudah menemukan perusahaan asuransi yang cocok, langkah
selanjutnya merupakan meninjaunya melalui surat elektronik berkaitan dengan
berita yang berkaitan dengan kebijakan asuransi secara detil. Sejumlah laman
asuransi sudah pasti akan minta domisili surat elektronik Anda untuk memberikan
jalan masuk kepada berita tertentu, termasuk produk, promo, atau
artikel-artikel informatif.
3. Perkaya Demikian Selain Perusahaan Asuransi
Langkah terakhir, usahakan mengetahui seputar kekurangan
perusahaan asuransi yang Anda pilih
(berkaitan dengan hal-hal yang tak ditanggung). Selain mengakses berita
berkaitan, Anda dapat berkonsultasi dengan rekan Anda atau melalui hotline
perusahaan hal yang demikian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar